Hadiri Lounching Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) SMK Pembangunan

Sakinah : Kedepan, SMK dan Kepenghuluan Harus Bersinergi Buka Peluang Usaha.. 

Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP Msi saat melakukan pemotongan pita

BAGANBATU/86 --- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pembangunan Bagan Batu resmi melakukan Lounching Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW). Lounching tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi.

Acara tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Pembangunan Sri Eka Amd, Kepala Sekolah Azimi ST, Pimpinan Bank Riau Kepri Bagan Batu diwakili Sudarto, seluruh Kepala Sekolah Pembangunan.

Kepala Sekolah SMK Pembangunan, Azimi ST menjelaskan SPW tersebut sengaja dibentuk sebagai upaya mencetak dan menyiapkan anak didik menjadi pengusaha ditengah kemajuan era tekhnologi dan revolusi industri 4.0

Dan kemudian juga dalam meningkatkan daya saing suatu bangsa perlu adanya peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Karakter SDM yang berdaya saing mampu mengubah tantangan menjadi peluang,kecakapan menganalisis sebuah permasalahan dengan kreativitas berbasis nilai ekonomi yang dapat didorong melalui karakter wirausaha.

Selanjutnya SPW ini juga sebagai pembekalan karakter wirausaha dalam softskill pemasaran yang dapat dimulai dalam lingkungan pendidikan melalui program praktikum usaha dalam melengkapi kurikulum kewirausahaan.

"Pembelajaran kewirausahaan ini merupakan merupakan suatu pembelajaran tentang etika, nilai (value), kemampuan (ability), dan perilaku (attitude)," terangnya.

Di jelaskan Azimi, tujuan daripada SPW tersebut juga adalah untuk membentuk karakter wirausaha dengan dukungan teknologi pemasaran dan pendampingan terpadu, meningkatkan unit bisnis siswa yang berhasil dikembangkan, meningkatnya kemajuan proses usaha dan rupiah yang dihasilkan dengan pendampingan secara terpadu dalam rangka pengembangan revolusi industri 4.0.

" Targetnya adalah untuk mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi pada lulusan SMK, dengan harapan akan tumbuh 4% pertahun wirausaha muda di SMK pembangunan baganbatu ini," ucap Jimi yang akrab disapa.

Seiring dengan itu Ia berharap SPW ini dapat bersinergi dengan pemerintah khususnya di kecamatan Bagan Sinembah guna mengembangkan potensi daerah, sehingga bisa memiliki produk khas oleh oleh Bagan Sinembah bersama dengan bank Riau Kepri cabang Bagan batu sebagai perusahaan daerah.

Sebelumnya, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP MSI dalam Kesempatan itu menyambut positif atas di bukanya Sekolah Pencetak Wirausaha di SMK Pembangunan  yang dapat memberi dampak positif bagi anak didik ditengah era globalisasi dan revolusi industri.

" Selaku pemerintah kami sangat menyambut dan memberikan dukungan yang positif kepada SMK Pembangunan atas dibukanya SPW ini," ungkap Camat Sakinah.

Dengan demikian demi kemajuan SPW tersebut dalam waktu dekat Sakinah berjanji akan memboyong seluruh kepenghuluan di Bagan Sinembah ke SMK Pembangunan guna berbagi ilmu kepada anak-anak untuk mengenalkan produk unggulan yang dimiliki setiap desa.

" Harapan kita kedepan SMK dengan kepenghuluan bisa bersinergi dan bekerjasama dalam membuka usaha di Bagan Sinembah ini," katanya.

Lebih jauh Sakinah juga menjelaskan bahwa dalam waktu dekat, kebetulan di perbatasan Riau dan Sumut akan dibangun kios sebagai pusat jajanan dan makanan khas Rokan Hilir, oleh karena itu dengan di bukanya SPW ini mampu mencetak anak didik menjadi pengusaha dan bisa bekerjasama dengan pihak kepenghuluan.

" Dan tentunya dengan harapan dapat membuka peluang kerja serta meningkatkan ekonomi masyarakat Bagan Sinembah," ucap Sakinah kembali. (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar